Langsung ke konten utama

Aplikasi Kecerdasan Buatan Dalam Bidang Agronomi dan Pertanian

Alfredho Surbakti, Bekasi 2018

Apasih yang bisa dikerjain sama SIPADI ?

Hasil gambar untuk sistem pakar SIPADI

Contoh aplikasi yang ingin saya jabarkan di sini sebagai contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang agronomi dan pertanian adalah aplikasi Sistem Pakar Budidaya Padi. SIPADI (Sistem Pakar Budidaya Padi) merupakan software (perangkat lunak) dalam bentuk kuisioner Ms Excel yang bermanfaat sebagai analisis budidaya tanaman padi. Sistem pakar ini walaupun masih harus disempurnakan, namun luar biasa lengkap dari teknik budidaya hingga analisis biaya. Sistem pakar ini sangat berguna sekali bagi yang terjun ke dunia pertanian terutama yang berkaitan dengan budidaya tanaman padi.
Hasil gambar untuk sistem pakar SIPADI
SIPADI (Sistem Pakar Budidaya Padi) – Penerapan teknologi budi daya spesifik lokasi mampu meningkatkan produktivitas padi 10-30% dibanding cara konvensional. Puslitbang Tanaman Pangan merancang sistem Pakar Budi Daya Padi (SIPADI) Versi 3.0 yang dioperasionalkan dengan komputer.

Dengan sistem pakar ini, dapat ditentukan teknik budi daya padi spesifik lokasi, mencakup penggunaan varietas yang cocok, macam dan takaran pupuk yang efisien, pengelolaan benih, jarak tanam, umur bibit, dan sebagainya.

Pengertian sistem pakar itu sendiri merupakan sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. Dengan sistem pakar ini, orang awam pun dapat menyelesaikan masalahnya atau hanya sekedar mencari suatu informasi berkualitas yang sebenarnya hanya dapat diperoleh dengan bantuan para ahli di bidangnya. Sistem pakar ini juga akan dapat membantu aktivitas para pakar sebagai asisten yang berpengalaman dan mempunyai asisten yang berpengalaman dan mempunyai pengetahuan yang dibutuhkan. Dalam penyusunannya, sistem pakar mengkombinasikan kaidah-kaidah penarikan kesimpulan (inference rules) dengan basis pengetahuan tertentu yang diberikan oleh satu atau lebih pakar dalam bidang tertentu. Kombinasi dari kedua hal tersebut disimpan dalam komputer, yang selanjutnya digunakan dalam proses pengambilan keputusan untuk penyelesaian masalah tertentu.
Hasil gambar untuk sistem pakar SIPADI

Oleh sebab itu, dengan adanya Sistem Pakar Budidaya Padi ini pun memiliki manfaat seperti memberi kemudahan bagi user untuk mendapatkan pengetahuan serta informasi apa saja yang diperlukan mengenai teknik maupun biaya yang di inginkan dalam melakukan budidaya padi. Disamping itu, dengan aplikasi sistem pakar user selain diberi kemudahan juga dapat meghemat waktu dalam pengambilan keputusan.

Perkiraan hasil dan keuntungan yang akan diperoleh dari penerapan teknologi budi daya spesifik lokasi juga dapat dilihat melalui SIPADI, setelah memasukkan data yang diperlukan. SIPADI mudah dioperasikan karena menggunakan program Excel.

Tapi tidak sepenuhnya sistem pakar hanya memberikan manfaat kepada user. Sistem pakar itu sendiripun memiliki kelemahan pula yaitu biaya yang diperlukan untuk membuat serta memeliharanya sangat mahal, sulit dikembangkan dikarenakan dengan ketersediaan pakar di bidangnya serta sistem pakar sendiripun tidak memiliki nilai yang 100% benar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Oppo F7 "THE NEW SELFIE EXPERT"

Alfredho Surbakti, Bekasi 2018 Oppo kembali menggebrak pasar Indonesia dengan meluncurkan smartphone terbarunya, F7, dengan banderol yang terbilang kompetitif, yakni mulai dari Rp4.199.000. Debut smartphone ini di Indonesia terbilang spesial karena bertepatan dengan ulang tahun ke-5 Oppo Indonesia. Kehadiran F7 membuat Oppo semakin yakin untuk memantapkan posisinya sebagai Selfie Expert and Leader. Sesungguhnya apa saja fitur keren yang membuat Oppo begitu percaya diri F7 bakal disambut antusias oleh masyarakat Indonesia? Simak ulasan lengkapnya: Desain tampak lebih mewah Dibanding pendahulunya, Oppo F7 menawarkan perubahan desain yang lumayan signifikan. Dilihat dari berbagai sisi, Anda akan dengan mudah membedakan smartphone ini dengan F5. Sebuah nilai plus yang dapat memberikan sensasi baru bagi pengguna yang ingin beralih dari F5 ke F7. Perbedaan paling kentara jelas terlihat di bagian depan. Oppo mengusung desain layar berponi (aspect ratio 19:9) yang belakangan menjadi populer d...

ZenFone 5 ? Kok ada lagi, tapi beda seri ..

Alfredho Surbakti, Bekasi 2018 Beberapa hari lalu, kami sempat menampilkan preview dari salah satu smartphone baru ASUS yang akan segera dipasarkan di Indonesia,  yaitu ZenFone 5 (ZE620KL) . Sebagai anggota keluarga dari generasi terbaru smartphone ASUS, ZenFone 5 ini tentu saja dibekali dengan berbagai hal, termasuk hal-hal baru, yang membuatnya menawarkan keunggulan bila dibandingkan dengan pendahulunya, dari keluarga ZenFone 4. Kali ini, kami akan memberikan ulasan yang lebih lengkap terkait smartphone baru itu, dalam artikel review ini! Desain ASUS menawarkan desain “modern” di ZenFone 5 (ZE620KL) ini, dengan layar 6.2″ rasio 18.7:9 yang memiliki “ notch ” di bagian atas. Desain seperti ini sudah cukup banyak diadopsi oleh produsen smartphone untuk produk baru kelas menengah dan atas mereka. ZenFone 5 ini sendiri bukan smartphone ASUS pertama yang hadir ke Indonesia yang mengusung desain layar modern dengan rasio 18:9 ke atas. Sebelumnya, ASUS juga telah menawarkan Zen...

PENGELOLAAN LAYANAN BISNIS

Alfredho Surbakti, Bekasi 2018 Ruang Lingkup Pengelolaan Layanan Bisnis Keberhasilan jangka panjang penyedia layanan IT tegantung pada hubungan dengan pelanggan.Suatu hubungan antara pelanggan dan penyedia layanan IT meliputi spectrum penuh dari interaksi bisnis diantara mereka,biasanya dari hal operasional berkaitan dengan layanan pengantar dari kinerja operasional melalui isu – isu taktis. Seperti mengembangkan persyaratan atau mungkin sebuah kasus bisnis untuk layanan baru atau layanan yang diubah,untuk pengembangan strategi jangka panjang. Pengelolaan Layanan Bisnis Maksud dan Tujuan pada Managemen Hubungan bisnis : 1. Untuk membangun dan mempertahankan sebuah hubugan yang effective dan produktif antara pelanggan dan penyedia layanan,yang dibangun dengan memahami pelanggan dan keperluan bisnis. 2. Memastikan bahwa penyedia layanan memenuhi kewajibanya untuk kinerja pelayanan dan kualitas, mencapai tingkat tinggi kepuasan pelanggan dalam proses,antara lain dengan memberikan resp...