Langsung ke konten utama

PRESENT PARTICIPLE

Alfredho Surbakti, Bekasi 2020
A present participle is the –ing form of the verb (talking, inviting, cooperating). In structure question on the TOEFL can cause confusion because it can be either a part of a verb or an adjective.
•A present participle is part of the verb when it is preceded by the verb be (is, am, are, was, were).

E.g:
The man is talking to his friend.

S be V. ing Object of preposition

•A present participle is a part of adjective when it is not preceded by the verb be.

E.g:
The man talking to his friend has a beard.

S Adj O of prep V O 

S
The women sitting beside my cousin wear the same T-shirt.

S V O

Example:
Multiple Choices

1. The boy reading the magazine ___ my nephew.
A. is
B. are
C. was
D. were
Jawaban: A
(Reading merupakan present participle yang merupakan sebuah verb. The boy merupakan subjek dan the boy adalah singular maka jawabannya adalah A. is)

2. I'm ___ the new intern
A. Choose
B. Choosing
C. Chosen
D.Chooses
Jawaban: B
(I merupakan subjek, am merupakan verb dan karena kalimat ini merupakan present participle maka jawabannya adalah B. Choosing).

3. Bob ___ playing guitar when somebody knocked the door yesterday
A. Are
B. Is
C. Were
D. Was
Jawaban: D
(Bob merupakan subjek, guitar merupakan objeknya. Kalimat ini merupakan past continuous tense, dimana ketika Bob sedang bermain gitar ada yang mengetuk pintu, maka jawabannya D. Was).

4. The food is being ___ by Brian right now.
A. Eat
B. Ate
C. Eaten
D. Eating
Jawaban: C
(The food merupakan subjek, Brian merupakan objek. Kalimat ini merupakan passive voice, is being merupakan verb maka jawabannya adalah C. Eaten).

5. She is ___ fencing every day until she got sick and had to hospitalized.
A. Practice
B. Practiced
C. Practices
D. Practicing
Jawaban: D
(She merupakan subjek, fencing merupakan objek, is merupakan verb maka jawabannya adalah D. Practicing)

Error Analysis
1. The bats sweeping across the night sky.
Pembahasan: The bats merupakan subjek, the night sky merupakan objek, dan sweeping merupakan present participle. Maka kalimat ini adalah Correct)

2. Brian and Bob are wandering the road by their bike.
Pembahasan: Brian and Bob adalah subjek, the road by their bike merupakan objek, dan are wandering merupakan present participle. Maka susunan kalimat ini adalah Correct)

3. He was sitting in an armchair reading a magazine.
Pembasahan: He merupakan subjek, was sitting merupakan present participle, in an armchair merupakan object of preposition, reading merupakan verb, dan a magazine merupakan object. Maka sususanan kalimat ini adalah Correct)

4. I was flying like a bird to you now
Pembahasan: I merupakan subjek, like a bird merupakan object of preposition, you merupakan objek, dan karena di kalimat ini terdapat kata now maka harusnya am flying. Sehingga kalimat ini adalah Incorrect).

5. Jay was coming late to the concert due to his allergies.
Pembahasan: Jay merupakan subjek, to the concert dan to his allergies merupakan object of preposition, dan was coming merupakan present participle. Maka kalimat ini adalah Correct)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Oppo F7 "THE NEW SELFIE EXPERT"

Alfredho Surbakti, Bekasi 2018 Oppo kembali menggebrak pasar Indonesia dengan meluncurkan smartphone terbarunya, F7, dengan banderol yang terbilang kompetitif, yakni mulai dari Rp4.199.000. Debut smartphone ini di Indonesia terbilang spesial karena bertepatan dengan ulang tahun ke-5 Oppo Indonesia. Kehadiran F7 membuat Oppo semakin yakin untuk memantapkan posisinya sebagai Selfie Expert and Leader. Sesungguhnya apa saja fitur keren yang membuat Oppo begitu percaya diri F7 bakal disambut antusias oleh masyarakat Indonesia? Simak ulasan lengkapnya: Desain tampak lebih mewah Dibanding pendahulunya, Oppo F7 menawarkan perubahan desain yang lumayan signifikan. Dilihat dari berbagai sisi, Anda akan dengan mudah membedakan smartphone ini dengan F5. Sebuah nilai plus yang dapat memberikan sensasi baru bagi pengguna yang ingin beralih dari F5 ke F7. Perbedaan paling kentara jelas terlihat di bagian depan. Oppo mengusung desain layar berponi (aspect ratio 19:9) yang belakangan menjadi populer d...

ZenFone 5 ? Kok ada lagi, tapi beda seri ..

Alfredho Surbakti, Bekasi 2018 Beberapa hari lalu, kami sempat menampilkan preview dari salah satu smartphone baru ASUS yang akan segera dipasarkan di Indonesia,  yaitu ZenFone 5 (ZE620KL) . Sebagai anggota keluarga dari generasi terbaru smartphone ASUS, ZenFone 5 ini tentu saja dibekali dengan berbagai hal, termasuk hal-hal baru, yang membuatnya menawarkan keunggulan bila dibandingkan dengan pendahulunya, dari keluarga ZenFone 4. Kali ini, kami akan memberikan ulasan yang lebih lengkap terkait smartphone baru itu, dalam artikel review ini! Desain ASUS menawarkan desain “modern” di ZenFone 5 (ZE620KL) ini, dengan layar 6.2″ rasio 18.7:9 yang memiliki “ notch ” di bagian atas. Desain seperti ini sudah cukup banyak diadopsi oleh produsen smartphone untuk produk baru kelas menengah dan atas mereka. ZenFone 5 ini sendiri bukan smartphone ASUS pertama yang hadir ke Indonesia yang mengusung desain layar modern dengan rasio 18:9 ke atas. Sebelumnya, ASUS juga telah menawarkan Zen...

PENGELOLAAN LAYANAN BISNIS

Alfredho Surbakti, Bekasi 2018 Ruang Lingkup Pengelolaan Layanan Bisnis Keberhasilan jangka panjang penyedia layanan IT tegantung pada hubungan dengan pelanggan.Suatu hubungan antara pelanggan dan penyedia layanan IT meliputi spectrum penuh dari interaksi bisnis diantara mereka,biasanya dari hal operasional berkaitan dengan layanan pengantar dari kinerja operasional melalui isu – isu taktis. Seperti mengembangkan persyaratan atau mungkin sebuah kasus bisnis untuk layanan baru atau layanan yang diubah,untuk pengembangan strategi jangka panjang. Pengelolaan Layanan Bisnis Maksud dan Tujuan pada Managemen Hubungan bisnis : 1. Untuk membangun dan mempertahankan sebuah hubugan yang effective dan produktif antara pelanggan dan penyedia layanan,yang dibangun dengan memahami pelanggan dan keperluan bisnis. 2. Memastikan bahwa penyedia layanan memenuhi kewajibanya untuk kinerja pelayanan dan kualitas, mencapai tingkat tinggi kepuasan pelanggan dalam proses,antara lain dengan memberikan resp...